Rabu, 18 September 2019

Tips Mengendalikan Emosi karena Tekanan Darah Tinggi

Kendalikan emosi

Tidak ada seseorang pun yang menyukai jika dimarahi, apalagi gara-gara masalah yang sepele. Pernahkah kamu mengelaminya? Jika iya, mungkin saja kamu sedang berhadapan dengan orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan belum bisa mengendalikan emosinya.

Berikut ada beberapa tips bagi kamu yang ingin mengendalikan emosimu.

Luapkan kemarahan setelah menenangkan diri

Bila tahu bahwa kamu akan meledak dalam amarah, sebaiknya tahan diri dengan cara mencari tempat sepi di mana kamu bisa menyendiri.

Kamu bisa mengekspresikan kemarahan ketika sudah mulai tenang, misalnya dengan cara curhat ke orang terdekat. Namun, jangan ketika emosi masih meluap-luap.

Berpikir dulu sebelum bicara

Saat dilanda kemarahan, kamu mungkin mudah sekali mengatakan hal-hal yang menyakitkan tanpa memikirkan konsekuensinya. Hal yang kerap kali bikin masalah tambah panjang, bukannya menyelesaikan masalah.

Ingat, bisa saja apa yang kamu katakan ketika emosi, akan berbalik dan menjadi bumerang.

Cari tahu apa yang sebenarnya membuat marah

Pahami dan kenali diri lebih dalam. Cari tahu situasi apa yang akan membuat kamu marah, dengan begini kamu bisa mengelola amarah.

Ketika tenang kamu bisa menilai lagi, apakah penyebab kemarahan itu wajar atau tidak. Bila memang kamu marah tanpa sebab yang signifikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Berlatih relaksasi

Relaksasi dapat membantu mengendalikan diri dari amarah. Mulai sekarang, cobalah untuk berlatih berelaksasi dan menenangkan diri.

Setiap orang punya cara yang berbeda-beda. Misalnya dengan menarik napas dalam, mendengarkan lagu, atau menggambar. Hal ini pasti berguna dalam kondisi dan situasi apa pun, termasuk ketika sedang marah.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar