Selasa, 16 Juni 2020

Tips dan Cara Mencuci Masker Kain dengan Benar

Tips dan Cara Mencuci Masker Kain dengan Benar

Demi menekan penyebaran virus corona, pemerintah mengeluarkan himbauan untuk mengenakan masker. Masker ini wajib dikenakan oleh orang yang sehat maupun orang yang sakit. Untuk jenis maskernya, pemerintah menyarankan untuk menggunakan masker kain.

Kenapa masker dari kain? Kenapa bukan masker bedah? Saran ini didasari oleh harga masker bedah yang melambung tinggi sejak pandemi corona. Harganya mencapai 10 kali lipat. Banyak juga oknum yang menimbun masker bedah sehingga menyebabkan masker ini langka di pasaran.

Karena alasan itulah kemudian pemerintah mengeluarkan himbauan bagi masyarakat yang bukan tenaga medis untuk mengenakan masker kain saja. Sedangkan untuk para tenaga medis agar tetap mengenakan masker bedah karena mereka kontak langsung dengan para pasien positif corona setiap hari.

Masker dari kain termasuk dalam kategori masker non medis. Kelebihan dari masker ini adalah bisa dicuci untuk kemudian dipakai kembali. Jadi pemakaian masker ini akan jauh lebih hemat karena bisa dipakai berulang-ulang dan harganya juga sangat murah.

Tips Mencuci Masker

Masker dari kain bisa dicuci dan bisa dipakai berulang kali. Untuk mencucinya, Anda tidak boleh sembarangan agar masker benar-benar bersih dan steril. Lalu, bagaimana cara mencuci masker kain yang benar? Berikut tipsnya.

1. Gunakan air hangat
Yang pertama gunakan air hangat untuk mencuci masker. Air hangat dinilai lebih mampu menghilangkan partikel virus dan bakteri yang menempel di masker daripada menggunakan air dingin.

2. Pemilihan detergen
Gunakan deterjen untuk merendam masker. Kalau perlu gunakan pemutih agar masker lebih steril.

3. Jemur di bawah sinar matahari langsung
Setelah selesai dicuci, jemur masker di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari dipercaya mampu membunuh virus yang hidup di masker.

4. Simpan masker di tempat yang kering
Jika sudah kering, simpan masker di tempat yang bersih dan tidak lembab. Karena tempat yang lembab adalah sarang bakteri dan kuman.

Itulah 4 tips mencuci masker kain yang bisa Anda terapkan titik secara lengkap berikut ini langkah-langkah mencuci masker:

  1. Siapkan air panas bersuhu 60-65 derajat celcius, kemudian tambahkan detergen
  2. Rendam masker ke dalam campuran air dan detergen tersebut
  3. Setelah beberapa saat, kucek masker sampai bersih dan bebas dari kotoran
  4. Bilas masker di bawah air mengalir sampai tidak ada busa yang tersisa
  5. Jemur masker di bawah sinar matahari
  6. Setelah kering, Anda bisa menyetrika masker dengan suhu panas untuk membunuh virus dan bakteri yang mungkin menempel
  7. Simpan di tempat yang kering dan bersih

Itulah informasi mengenai cara mencuci masker kain yang benar agar bersih dan steril. Kenakan masker Ketika Anda keluar rumah, jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari kerumunan. Meskipun Anda bosan di rumah, itu jauh lebih baik daripada terkena virus Corona.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar