Minggu, 07 Maret 2021

Pilih Mobil Innova Matic atau Manual?

 
Pilih Mobil Innova Matic atau Manual?

Mobil bukan barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan kelas atas saja di jaman modern ini. Semua orang bisa saja memiliki kendaraan pribadi, bahkan punya mobil lebih dari satu. Anda yang ingin membeli mobil, sebaiknya pertimbangkan kelebihan dan kekurangan setiap jenis kendaraan. Untuk mobil keluarga yang lapang dan nyaman, pilih Innova yang menjadi MPV berkelas dengan tampilan eksterior dan interior yang menawan. 

Kenali perbedaan mobil matic dan manual dengan baik 

Di pasaran, Anda bisa memilih jenis mobil matic atau manual sesuai dengan selera pribadi. Sebelum Anda mengajukan kredit Innova, sebaiknya kenali perbedaan mobil matic dan manual berikut!

1. Pengoperasian mobil 

Pengoperasian mobil matic yang otomatis membuat orang awam lebih suka memilih jenis mobil ini. Pasalnya, Anda tidak perlu belajar tentang sistem kopling, cara menggunakan gigi persneling, menggunakan pedal gas dan rem, serta masih banyak hal penting lain dalam mengoperasikan mobil manual. Meskipun begitu, Anda harus memiliki lisensi berkendara baik mobil matic atau manual, ya!

2. Kenyamanan berkendara 

Setiap orang punya selera dalam mengendarai mobil pribadi di jalanan lurus atau medan berat. Mobil matic dianggap lebih nyaman bagi sebagian orang sebab tidak perlu menekan pedal gas, menahan dan menekan kopling terus menerus. Di jalanan menanjak pun, mobil matic bisa menjadi andalan bagi orang-orang yang tidak punya keahlian mengendarai mobil manual. 

3. Pengereman mobil 

Sistem pengereman mobil manual dianggap lebih baik dibandingkan dengan mobil otomatis. Pengereman mobil manual yang lebih halus bisa menekan risiko kecelakaan yang terjadi di daerah dengan medan menurun atau ekstrem. Perlu pembiasaan dan teknik mengerem yang baik bila Anda mengendarai mobil otomatis. Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi sistem pengereman mobil otomatis kurang baik yaitu :
  • Tidak ada engine brake dan persneling yang membuat pengendara mobil otomatis harus waspada mengerem di jalanan menurun. 
  • Daya cengkram rem mobil otomatis tidak kuat di jalanan menurun.
  • Pengereman mobil cukup lambat sehingga membahayakan pengemudi yang mengendarai mobil dengan kecepatan ekstra. 

4. Perawatan mobil 

Harga Innova matic dijual lebih tinggi dibandingkan dengan mobil transmisi manual. Suku cadang yang lebih rumit membuat mobil matic dibandrol harga mahal, tetapi penggunaan lebih nyaman dan tidak ribet. Apalagi mobil matic lebih boros mengganti oli dibandingkan mobil manual, lho! Namun, mobil manual juga punya kendala pada perawatan penggantian kampas kopling yang tidak tahan lama seperti mobil otomatis.

Beberapa pertimbangan memilih mobil Innova dengan transmisi otomatis atau manual bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi saja. Kenyamanan berkendara menjadi salah satu faktor psikologis yang tak kalah penting. Kalau Anda suka kinerja mobil matic yang dianggap lebih bertenaga dibandingkan mobil manual atau memilih jenis mobil manual yang cocok berkendara di daerah tanjakan, sah-sah saja. 

0 komentar:

Posting Komentar