Rabu, 26 Mei 2021

Dilansir Dari SehatQ.com, Berikut Manfaat Obat Ondansetron Beserta Cara Penggunaannya

Dilansir Dari SehatQ.com, Berikut Manfaat Obat Ondansetron Beserta Cara Penggunaannya

Dewasa ini, hampir setiap manusia tidak bisa lepas dari penggunaan obat. Hal ini karena setiap gejala penyakit yang terdapat pada tubuh seringkali menimbulkan reaksi tidak nyaman hingga kesakitan. Bagi anda yang sering mengalami gejala mual atau muntah, ondansetron menjadi obat yang sangat direkomendasikan. Untuk mengulik penggunaan obat ini, simak ulasan berikut.

Mengenal Manfaat Jenis Obat Pereda Mual Dan Muntah 

Anda pasti pernah mengalami kondisi mual hingga muntah bukan? Kondisi reaksi tubuh yang tidak menyenangkan ini seringkali terjadi pada siapa saja dalam berbagai kondisi. Pasalnya, mual dan muntah dapat disebabkan oleh reaksi sistem saraf pusat dan sistem pencernaan ini pada dasarnya dapat terjadi karena suatu hal yang tidak beres dalam tubuh. 

Meski terlihat sepele, mual dan muntah nyatanya dapat menjadi pertanda penyakit berbahaya yang menyerang tubuh anda. Mual dan muntah yang terjadi secara berlebihan dapat membuat seseorang tidak nafsu makan. Parahnya, kondisi ini dapat membuat tubuh terhidrasi sehingga dapat menurunkan kualitas hidup.

Untuk itu, dokter biasanya akan memberikan obat pereda mual dan muntah dengan berbagai jenis sesuai dengan masalah yang dihadapi. Jika anda mengalami kondisi mual dan muntah dalam skala ringan hingga berat, ondansetron adalah solusinya. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi mual dan muntah pasca kemoterapi, radioterapi dan operasi. 

Lazimnya, jenis obat pereda mual dan muntah yang satu ini tergolong sebagai obat antiemetik. Memiliki fungsi dalam menghambat pembentukan senyawa serotonin 5-hydroxytryptamine (5HT3) secara alami di dalam tubuh dengan baik. Namun obat ini biasanya akan bekerja sekitar 1-2 jam setelah dikonsumsi. 

Menariknya, jenis obat pereda mual dan muntah yang satu ini memiliki keunggulan yang lebih baik jika dibandingkan dengan jenis obat lainnya. Mual dan muntah secara hebat dapat teratasi, relatif lebih aman, tidak menimbulkan reaksi ekstrapiramidal, mempercepat pengosongan lambung serta dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau.

Obat yang disediakan dalam berbagai bentuk memberikan pilihan bagi anda agar lebih mudah mengkonsumsinya. Tentu saja, bentuk sirup, tablet 4 mg dan 8 mg, injeksi/suntik dan suppositoria bisa langsung anda miliki untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Ondansetron bahkan telah tersedia dalam berbagai jenis merek yang beredar di Indonesia. Simak info lengkapnya disini.

Tips Penggunaan Obat Pereda Mual Dan Muntah Yang Baik

Setiap jenis obat yang diedarkan di Indonesia pasti dilengkapi dengan informasi lengkap yang bisa anda pahami. Misalnya saja nama obat, manfaat, komposisi, cara penggunaan, efek samping dan lainnya. Untuk itu, pastikan anda telah memahami petunjuk penggunaan dengan baik sebelum menggunakannya. Anda juga bisa mengikuti anjuran resep dari dokter.

Pasalnya, penggunaan obat jenis ini akan diberikan sebelum melakukan terapi khusus seperti kemoterapi, radioterapi dan operasi. Dokter biasakan akan memberikan jenis obat ini dalam selang waktu 1 jam sebelum operasi. Tentu saja, anda bisa mengkonsumsi obat ini secara langsung tanpa makanan sebagaimana anjuran dokter.

Jika anda memilih obat jenis suppositoria, pastikan tangan anda telah bersih. Pilihlah posisi yang nyaman dengan mengangkat satu kaki di atas kursi maupun dengan berbaring miring. Kemudian, masukkan ujung obat suppositoria ke dalam anus kurang lebih 2-3 cm. Untuk mengulik jenis obat yang lainnya, anda dapat melihat info obat yang telah disediakan pada laman SehatQ.com.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait obat pereda mual dan muntah yang sering digunakan pasca kemoterapi, radioterapi dan operasi. Kinerja handal dalam menghambat sistem kerja serotonin membuat jenis obat yang satu ini memiliki keunggulan dalam meredakan mual dan muntah pada skala sedang hingga berat.

1 komentar: